SEJARAH
BERDIRINYA MERCEDES BENZ TERTUA
Mercedes-Benz adalah sebuah
perusahaan otomotif asal Jerman
yang memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan
bus. Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal
di dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan
sampai sekarang. Mobil mereka terkenal berteknologi dan memiliki
tingkat keamanan tinggi.
Mercedes-Benz adalah divisi dari
Daimler
AG. Asal mula Mercedes-Benz berasal dari
penemuan Karl
Benz atas mobil berbahan bakar bensin
pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz
Patent Motorwagen.[1]
serta jasa dari Gottlieb
Daimler serta teknisi Wilhelm
Maybach. Mobil-mobil Mercedes pertama kali
dijual pada tahun 1901 oleh Daimler
Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang
memakai merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926 setelah adanya
merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan
Daimler-Benz.
Tentang desainer mobil
Mercedes Benz
Bernama lengkap Karl Friedrich Benz
adalah Seorang insinyur mesin Jerman, Karl Benz merancang dan
membangun secara praktis mobil pertama di dunia yang akan didukung
oleh mesin pembakaran internal. Pada tanggal 29 Januari 1886, Benz
menerima hak paten pertama (DRP No 37.435) untuk mobil berbahan bakar
bensin. Itu adalah mobil tiga roda; Benz membangun mobil roda empat
pertama pada tahun 1891. dan Perusahaan yang didirikan oleh Benz &
Company, menjadi perusahaan pertama sekaligus menjadi produsen
terbesar di dunia mobil oleh 1900.
Karl Friedrich Benz lahir tahun 1844 di Baden Muehlburg, Jerman (sekarang bagian dari Karlsruhe). Ia adalah anak seorang sopir mesin. Benz sekolah di sekolah Karlsruhe jurusan tata bahasa dan kemudian Politeknik Universitas Karlsruhe. Pada tahun 1871, Ia mendirikan perusahaan pertama dengan mitra Agustus Ritter, "Iron Foundry dan Machine Shop" Toko pemasok bahan bangunan.
Benz memulai karyanya pada mesin dua-stroke, dengan harapan menemukan pendapatan atau penghasilann baru. Ia menerima hak paten pertama pada tahun 1879. Pada tahun 1883, ia mendirikan Benz & Company untuk memproduksi mesin industri di Mannheim, Jerman. Ia kemudian mulai merancang sebuah "motor kereta", dengan mesin empat-stroke (berdasarkan hak paten Nikolaus Otto). Benz merancang mesinnya (958cc, 0.75hp) dan rangka untuk kendaraan roda tiga dengan pengapian listrik, roda gigi diferensial, dan air pendingin. Mobil itu pertama di jalankan di Mannheim pada 1885. Pada tanggal 29 Januari 1886, ia dianugrahi hak paten untuk mobil berbahan bakar gas nya (DRP 37.435) dan pada bulan Juli, ia mulai menjual mobil kepada publik.
Pada tahun 1893, Velo Benz menjadi Mobil murah pertama di dunia, dan menjadi mobil yang diproduksi secara massal. ada tahun 1903, Karl Benz pensiun dari Benz & Company; desain nya sudah ketinggalan zaman oleh Gottlieb Daimler. Ia menjabat sebagai anggota dewan pengawas Daimler-Benz AG dari tahun 1926, ketika perusahaan dibentuk, sampai kematiannya.
Ia menikah dengan Bertha Ringer pada tahun 1872, yang memainkan peran aktif dalam bisnis, bersama-sama mereka memiliki lima anak. Karl Benz meninggal dunia pada tahun 1929.
Biografi Karl benz menggambarkan bahwa perjuangan hidup seseorang senantiasa tidak berpihak kepada siapa yang cepat dan yang terkuat tetapi kepada mereka yang percaya bahwa mereka pasti menang.
Karl Friedrich Benz lahir tahun 1844 di Baden Muehlburg, Jerman (sekarang bagian dari Karlsruhe). Ia adalah anak seorang sopir mesin. Benz sekolah di sekolah Karlsruhe jurusan tata bahasa dan kemudian Politeknik Universitas Karlsruhe. Pada tahun 1871, Ia mendirikan perusahaan pertama dengan mitra Agustus Ritter, "Iron Foundry dan Machine Shop" Toko pemasok bahan bangunan.
Benz memulai karyanya pada mesin dua-stroke, dengan harapan menemukan pendapatan atau penghasilann baru. Ia menerima hak paten pertama pada tahun 1879. Pada tahun 1883, ia mendirikan Benz & Company untuk memproduksi mesin industri di Mannheim, Jerman. Ia kemudian mulai merancang sebuah "motor kereta", dengan mesin empat-stroke (berdasarkan hak paten Nikolaus Otto). Benz merancang mesinnya (958cc, 0.75hp) dan rangka untuk kendaraan roda tiga dengan pengapian listrik, roda gigi diferensial, dan air pendingin. Mobil itu pertama di jalankan di Mannheim pada 1885. Pada tanggal 29 Januari 1886, ia dianugrahi hak paten untuk mobil berbahan bakar gas nya (DRP 37.435) dan pada bulan Juli, ia mulai menjual mobil kepada publik.
Pada tahun 1893, Velo Benz menjadi Mobil murah pertama di dunia, dan menjadi mobil yang diproduksi secara massal. ada tahun 1903, Karl Benz pensiun dari Benz & Company; desain nya sudah ketinggalan zaman oleh Gottlieb Daimler. Ia menjabat sebagai anggota dewan pengawas Daimler-Benz AG dari tahun 1926, ketika perusahaan dibentuk, sampai kematiannya.
Ia menikah dengan Bertha Ringer pada tahun 1872, yang memainkan peran aktif dalam bisnis, bersama-sama mereka memiliki lima anak. Karl Benz meninggal dunia pada tahun 1929.
Biografi Karl benz menggambarkan bahwa perjuangan hidup seseorang senantiasa tidak berpihak kepada siapa yang cepat dan yang terkuat tetapi kepada mereka yang percaya bahwa mereka pasti menang.
Sejarah
Asal perusahaan ini
di awal 1880-an,
ketika Gottlieb
Daimler
dan Carl
Benz
menemukan mobil secara terpisah di selatan Jerman. Daimler dan
Wilhelm
Maybach,
yang bersama menemukan Mesin
empat-tak,
bekerja sama di Cannstatt
(kota di distrik Stuttgart);
Benz memiliki tokonya di Mannheim dekat Heidelberg. Tidak ada catatan
kedua penemu pernah bertemu.
Pada awal 1900-an,
mobil Daimler dibuat di Untertürkheim (juga sebuah kota di distrik
Stuttgart) dijual dengan sukses oleh agen Austria yang bernama Emil
Jellinek,
yang memasok mobil tersebut dengan nama putrinya, Mercédès.
MERCEDES BENZ 1884
MERCEDES BENZ 1904
MERCEDES BENZ 1906
MERCEDES BENZ 1928
MERCEDES BENZ 1930
MERCEDES BENZ 1934
MERCEDES BENZ 1937
MERCEDES BENZ 1946
MERCEDES BENZ 1950
MERCEDES BENZ 1955
MERCEDES BENZ 1964
MERCEDES BENZ 1988
MERCEDES BENZ 2000
MERCEDES BENZ 2001
MERCEDES BENZ 2002
MERCEDES BENZ 2003
MERCEDES BENZ 2004
MERCEDES BENZ 2006
MERCEDES BENZ 2008
MERCEDES BENZ 2009
MERCEDES BENZ 2010
Jajaran Produk
Daftar produk-produk
mobil penumpang Mercedes-Benz yang diproduksi tahun 2011:
- A-Class—Hatchback
- B-Class—MPV
- C-Class—Sedan, Estate & Koupé
- CL-Class—Koupé
- CLS-Class—Koupé 4 pintu
- E-Class—Sedan, Estate, Koupé & Cabriolet/Konvertibel
-
- GL-Class—Kendaraan Off Road
- M-Class—Sports Utility Veihicle (SUV)
- R-Class—Luxury Tourer Vehicle (LTV)
- S-Class—Sedan
- SL-Class—Roadster
-
- SLK-Class—Roadster
- SLS AMG—Koupé
Penamaan
mobil
Sampai tahun 1994,
Mercedes-Benz menggunakan sistem alfanumerik untuk mengelompokkan
mobil-mobil mereka, terdiri dari angka yang menunjukkan kapasitas
mesin mobil jika dikali 100 dan diikuti huruf-huruf yang menandakan
tipe bodi dan tipe mesin.
- "C" menandakan bahwa model bodinya coupe/cabriolet.
- "E" (untuk "Einspritzen") berarti memakai mesin bensin dengan injeksi. Di beberapa kejadian, jika tidak ada tulisan "D" atau "E" maka memakai mesin bensin karburator.
- "K" digunakan tahun 1930-an, menandakan mesin dengan supercharger ("Kompressor").Untuk SSK, K nya adalah "Kurz" (short-wheelbase/sumbu roda pendek).
- "L" melambangkan "Leicht" (lightweight) untuk model sedan sport, dan "Lang" (long-wheelbase/sumbu roda panjang) untuk model sedan.
- "S" berarti "Sport" untuk model performa tinggi atau "Special" untuk model teratas/unggulan.
- "T" singkatan dari "Touring" dan menandai jenis mobil estate/station wagon.
Untuk beberapa
model, nomor-nomor pada penamaan mobil itu tidak sesuai dengan
kapasitas mesin mobilnya. Nomor-nomor ini diberikan hanya untuk
menentukan posisi mobil tersebut di jajaran mobil Mercedes-Benz.
Setelah tahun 1994,
Mercedes-Benz memperbaharui sistem penamaan mobil mereka. Sekarang,
model-model mobil dikelompokkan dalam kelas-kelas yang penamaannya
sampai 3 huruf (lihat di atas), kemudian diikuti dengan 3 digit angka
(atau 2 digit untuk model AMG). Untuk varian dengan modl sama
(seperti varian estate atau varian mesin diesel) tidak lagi diberikan
huruf yang berbeda. Di beberapa kasus, penamaan ini tidaklah selalu
pasti. Contohnya, SLR dan SLS-AMG tidak mengikuti nama ini.
Sama seperti
sebelumnya, 3 nomor pada model-model Mercedes-Benz tidak mempunyai
hubungan dengan kapasitas mesin mobil tersebut. Nomor tersebut
terkadang malah berkaitan dengan keluaran tenaga mesin. Contohnya,
E250 CGI mempunyai tenaga mesin lebih besar daripada E200 CGI karena
adanya perbedaan tuning mesin, meskipun keduanya memakai mesin 1.8L.
Beberapa model juga
ditambahi beberapa fitur khusus yang disimbolkan dengan:
- "4Matic" berarti mobil itu menggunakan penggerak 4 roda.
- "BlueEfficiency" menandakan adanya fitur efisiensi bahan bakar (injeksi, start-stop system, modifikasi aerodinamika, dll.)
- "Hybrid" menandakan mobil hybrid.
- "NGT" menandakan menggunakan bahan bakar gas.
- "Kompressor" menandakan mesin dengan supercharger.
- "Turbo" menandakan mesin dengan turbocharger, hanya digunakan di model Kelas A, B,Е dan GLK.
Produksi
Disamping negara
aslinya Jerman, mobil-mobil Mercedes-Benz juga diproduksi/dirakit di
negara-negara berikut:
- Argentina (bus, truk dan van Sprinter. Pabrik pertama Mercedes-Benz diluar Jerman.)
- Bosnia dan Herzegovina
- Brasil Memproduksi truk, bus dan C-Class. Didirikan 1956.
- Kanada
- Mesir melalui Egyptian German Automotive Company
- India
- Indonesia
- Iran (Diberhentikan sejak 2010)
- Malaysia
- Meksiko—Mercedes Benz de Mexico adalah cabang Mercedes terbesar diluar negeri dilihat dari pendapatan kotor, total penjualan, jumlah mobil yang diproduksi, dan jumlah karyawan, serta melayani untuk hampir seluruh kawasan Amerika Latin dan Amerika Utara.
- Nigeria (bus, truk, utility motor dan van Sprinter)
- Filipina
- Rusia (E-Class)
- Spanyol
- Thailand (merakit mobil C, E dan S class oleh Thonburi Group)
- Turki
- Britania Raya—SLR dibuat di McLaren Technology Centre di Woking. Brackley, Northamptonshire adalah markas utama Mercedes Grand Prix dan Brixworth, Northamptonshire adalah lokasi dari Mercedes-Benz HighPerformanceEngines
- Amerika Serikat: Mercedes-Benz M-Class Sport Utility, R-Class Sport Tourer, dan SUV mewah GL-Class dibuat di pabrik dekat Tuscaloosa, Alabama.
- Vietnam: mobil penumpang dan komersial. Didirikan tahun 1995.
Kejuaraan Balap
Mobil
Formula
1
Artikel
utama untuk bagian ini adalah: Mercedes
GP
Mercedes-Benz ikut
ambil bagian di kejuaraan dunia ini tahun 1954 dan 1955, tapi karena
gagal untuk merebut gelar juara untuk Juan-Manuel
Fangio,
perusahaan ini memutuskan untuk keluar setelah ikut 2 musim saja.
Padahal Juan adalah salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang sejarah.
Mercedes-Benz
kembali ke arena ini sebagai pemasok mesin pada tahun 1990 dan
memiliki sebagian saham dari Team
McLaren.
Kerjasama ini terbilang sukses, termasuk dengan kemenangan Mika
Häkkinen
tahun 1998 dan 1999 serta Lewis
Hamilton
tahun 2008. Kerjasama dengan McLaren berlanjut hingga pembuatan mobil
sport Mercedes-Benz
SLR McLaren.
Tahun 2007, McLaren
dan Mercedes didenda 100 juta dolar AS karena mereka mencuri data
teknik rahasia milik Ferrari.
Tahun 2009, Brawn
GP,
tim Formula Satu debutan milik Ross
Brawn
yang memakai mesin Mercedes, menang sebagai juara konstruktor pada
tahun itu dan juga menjadikan Jenson
Button
sebagai juara pembalapnya. Pada akhir musim, Mercedes-Benz menjual
kepemilikan saham McLaren sebanyak 40% ke McLaren Group dan membeli
70% saham tim Brawn GP. Maka, ditahun 2010 nama tim berubah menjadi
Mercedes
GP
dan tim ini menjadi tim milik Mercedes-Benz.
Inovasi
Banyak
teknologi-teknologi mobil yang telah ditemukan oleh pabrikan
Mercedes-Benz sepanjang sejarah mereka berdiri, diantaranya:
- Mesin pembakaran dalam, ditemukan oleh Benz dan Daimler & Maybach tahun 1886.
- Daimler menemukan radiator honeycomb yang masih digunakan oleh semua kendaraan berpendingin air sampai saat ini.
- Daimler menemukan karburator yang masih digunakan sampai akhirnya belakangan ini digantikan oleh injeksi.
- "Chassis drop"— mobil yang dinamai "Mercedes" oleh Daimler adalah mobil pertama dengan konfigurasi modern, mempunyai "carriage" lebih rendah dan satu set as depan belakang, menggunakan Mesin depan dan penggerak roda belakang. Mobil-mobil sebelumnya adalah "horseless carriages", mempunyai titik pusat gravitasi tinggi dan konfigurasi mesin dan drivetrain yang beragam.
- Mobil penumpang pertama yang memiliki rem di keempat rodanya (1924).
- Sistem konstruksi pengaman mobil dengan crumple zones depan dan belakang, pertama kali dikembangkan oleh Mercedes-Benz tahun 1951. Penemuan ini dianggap sebagai salah satu penemuan paling penting di konstruksi otomotif khususnya bagian keamanan.
- Tahun 1959, Mercedes-Benz mematenkan sebuah alat yang dapat menghindari slip dengan cara mengatur kerja mesin, transmisi, dan rem mobil. Tahun 1987, Mercedes-Benz mengaplikasikan patennya ini dengan memperkenalkan sistem kontrol traksi.
- Kontrol traksi dan airbag untuk pasar Eropa merupakan inovasi dari Mercedes-Benz. Teknologi ini diperkenalkan tahun 1986.
- Mercedes-Benz adalah pabrikan pertama yang menggunakan sabuk pengaman pretensioner pada S-Class tahun 1981. Pada saat terjadi tabrakan, sebuah pre-tensioner akan mengencang dengan sendirinya, sehingga menghindari penumpangnya dari cedera yang lebih serius.
- Bulan September 2003, Mercedes-Benz memperkenalkan transmisi otomatis pertama di dunia dengan 7 percepatan yang mereka namakan 7G-Tronic.
- Program Stabilitas Elektronik (ESP), brake assist, dan berbagai macam perangkat keamanan lainnya, semuanya dikembangkan, dites, dan diimplementasikan di mobil penumpang pertama kali oleh Mercedes-Benz. Mercedes-Benz tidak membuat berita besar-besaran tentang penemuannya ini. Mereka malah membuat lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh para pabrikan otomotif lainnya di seluruh dunia-dalam nama meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang. Sebagai hasilnya, sekarang crumple zones dan anti-lock braking system (ABS) menjadi standar di hampir semua mobil-mobil modern.
Mesin Mercedes M156
- Mesin 8 silinder paling bertenaga di dunia saat ini adalah milik Mercedes-AMG, 6208 cc M156 yang mempunyai tenaga 85 PS per 1000cc-nya. Mesin V8 ini dinamai '63 AMG', dan digantikan oleh mesin M113 '55 AMG' di banyak model. Mesin M156 ini mampu memproduksi tenaga sampai 391 kW (532 PS; 524 bhp), tapi pencapaian tenaga ini agak sedikit berbeda di tiap-tiap modelnya.
- (W211) E320 CDI yang menggunakan Mesin V6 2.8L diesel dengan variable geometry turbocharger (VGT) dan common rail berhasil mencatat 3 rekor uji ketahanan dunia. Mobil ini mampu menyelesaikan 100.000 mil (160.000 km) dengan kecepatan rata-rata mencapai 224.823 km/jam. 2 mobil lainnya yang identik berhasil memecahkan rekor yang sama untuk menyelesaikan 100.000 km dan 50.000 mil(80.000km). (semua rekor ini diresmikan oleh FIA).
- Mercedes-Benz adalah penemu dari sistem yang dinamakan Pre-Safe, yang gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat. Teknologi ini juga dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan pada situasi kritis, langsung bekerja saat pengendara menekan pedal remnya. Para penumpang juga diamankan dengan mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela, dan mengubah posisi tempat duduk ke posisi optimal.
0 komentar:
Posting Komentar